Kamis, 13 Oktober 2016

5 Penyebab Utama Penuan Dini

Tua sebelum waktunya...wow kayanya kalimat yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Umur baru 25 atau 30 tahun, tapi gurat-gurat keriput di wajah maupun di bagian kulit lainnya sudah mulai nampak. Apakah ini normal?. Tentu tidak. Gejala tersebut merupakan salah satu ciri terjadinya penuaan dini. Berikut akan saya jelaskan beberapa faktor utama penyebab terjadinya penuaan dini. 

1. Pola Makan yang Salah. 
Tubuh kita memerlukan nutrisi yang baik dan seimbang. Pola makan yang buruk akan membuat asupan nutrisi tidak seimbang. Hal demikain akan mengakibatkan kinerja tubuh kita semakin berat. Penyakitpun satu persatu akan bermunculan. Dampak terburuknya adalah terhadap regenerasi sel tubuh kita yang akan terganggu. Sehingga kulit kita akan keliahatan tidak sehat. Kadang terlalu kering kadang malah terlalu berminyak. Akhirnya kita kelihatan seperti lebih tua.   

2. Radikal Bebas / Racun. 
Radikal bebas biasanya disebabkan oleh polusi. Baik di udara, air maupun tanah. Misalnya asap-asap yang berasal dari pabrik-pabrik industri. Limbah-limbah cair baik dari industri maupun rumah tangga yang mencemari air. Sisa-sisa pestisida yang digunakan saat membasmi hama tanaman yang terserap tanah serta bahan-bahan yang terserap tubuh melalui tanaman dan tidak mudah untuk dicerna seperti bahan pengawet dan pemanis buatan, penyedap rasa dan lain sebagainya. Semua zat-zat tersebut jika masuk ke dalam tubuh akan sulit dicerna sehingga kinerja tubuh juga semakin berat. Sehingga metabolisme tubuh kita tergagnggu. Metabolisme tubuh kita akan semakin tua. Umur masih 35 tahun tapi usia metabolisme kita bisa seperti umur 50 tahun bahkan lebih. Ini juga merupakan sebab utama penuaan dini. 

3. Sinar Matahari. 
Diperkirakan, sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari, terutama sinar ultra violet dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit. Selain itu sinar ultraviolet menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit. Sinar ultraviolet tersebut dapat menyebabkan terjadinya pembentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit. Sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan menurunnya fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit. 

4. Stress.
Bukan hanya faktor fisik saja yang mampu menimbulkan penuaan dini. Kondisi psikologis seseorang pun mampu menimbulkan penuaan dini lho. Sebuah study yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa mereka yang mengalami stress terutama dalam jangka waktu pannjang akan mengalami penuaan dini. Jika kita stress maka kondisi tubuh kita tidak seimbang. Hal ini akan menyebabkan regenerasi sel juga terganggu.
 
5. Begadang / Kurang Tidur.
Saat kita anda kurang tidur bukan hanya mengantuk saja yang akan kitadapatkan namun juga masalah pada kulit. Hal ini disebabkan karena proses peremajaan kulit terjadi pada saat tubuh sedang istirahat oleh karena itulah manusia membutuhkan cukup tidur. Apalagi ketika tidur kurang dari 6 jam maka akan membuat tubuh menjadi cepat lapar dan memicu makan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Untuk menghindari kurang tidur ini anda bisa melakuka meditasi selama 10 menit saja terutama untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

Banjarbaru, 14 Oktober 2016
Asrani, S.Pd.I 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar