Sabtu, 01 Oktober 2016

8 Langkah Memulai Diet Sehat agar Berhasil

Tidak sedikit orang gagal dalam melakukan diet. Minggu-minggu pertama sampai bulan pertama mereka mampu menurunkan berat badannya beberapa kilo gram. Tapi setelahnya banyak yang gagal. Ada yang berat badannya kembali lagi seperti semula, malah ada yang bertambah melebihi berat semula.
Nah pada tulisan kali ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai 8 langkah memulai diet sehat agar berhasil. Baik kita mulai saja pembahasannya.

8 Langkah Memulai Diet Sehat agar Berhasil :
1. Niat yang serius
Kenapa niat yang pertama? kaya rukun wudhu aja ya...ha ha. Begini ceritanya. Segala sesuatu yang ingin kita  lakukan utamakan memiliki niat yang serius agar nantinya saat melaksanakannya tidak asal-asalan. Dengan niat ini akan memberikan efek kepada kita saat sudah mulai kendor semangatnya maka semangat kita meningkat lagi karena memang ingin sungguh sungguh melakukannya.

2. Ketahui kebutuhan kalori tubuh kita dalam sehari
Kalori adalah sumber tenaga utama tubuh manusia. Setiap orang berbeda-beda kebutuhannya. Sumber kalori utama terdapat pada makanan yang kita makan. Jika kalori yang kita peroleh dari makanan sehari-hari melebihi kebutuhan kita maka kelebihannya akan disimpan menjadi lemak. Sebaliknya jika kalori yang kita dapatkan dalam sehari kurang, maka tubuh akan mengolahnya dari lemak tubuh kita. Artinya agar diet kita berhasil maka kita harus tau seberapa kadar kalori yang kita butuhkan dalam sehari. Untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh, kita bisa konsultasi dengan dokter atau orang yang berkompeten, kalau saya pribadi konsultasi di rumah nutrisi.

3. Atur pola makan sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh
Kalau sudah tau kebutuhan kalori tubuh kita dalam sehari maka kita bisa mengatur pola makan kita sehari-hari. Sebagai contoh, misalkan kebutuhan tubuh kita saat diet adalah 2000 kalori sehari maka kita bisa mengatur pola makan kita seperti ini : sarapan pagi konsumsi kalori sekitar 600 kalori, makan siang konsumsi kalori 800 kalori, dan makan sore atau malam konsumsi 600 kalori. Jika kita total jumlahnya 2000 kalori.

4. Makanlah makanan yang kaya protein, kaya serat, rendah lemak, rendah gula, dan kaya vitamin.
Makanan yang kaya protein akan meningkatkan masa otot kita, agar nantinya tubuh kita tetap kencang dan berisi, tidak kendur. Makanan yang kaya serat memperbaiki pencernaan kita dan menunda rasa lapar. Makanan yang rendah lemak tentunya lebih sehat dan tidak akan menambah lemak dalam tubuh kita. Makanan yang rendah gula berarti juga rendah kalori, sehingga kita tidak akan kelebihan asupan kalori. Dan yang terakhir makanan yang kaya vitamin, karena vitamin sangat diperlukan tubuh kita.

5. Hindari ngemil
Kebanyakan dari kita berpikiran saat diet tidak apa-apa ngemil. Hal ini ternyata salah. Saat ngemil memang yang dimakan bukanlah makanan utama seperti nasi, tapi kebanyakan yang di emil seperti kerupuk, kue basah maupun kue kering, gorengan, roti, dll. Kenapa harus dihindari? ingat poin nomor 3, kita harus mengatur asupan kalori kita. Rata-rata cemilan yang saya sebutkan tadi tidak diketahui berapa kalorinya. Yang saya tau sepotong gorengan saja mencapai 300 kalori, belum lagi minyak dipakai untuk menggoreng tidak diketahui sudah berapa kali dipakai untuk menggoreng yang tentunya tidak dijamin kesehatannya. Artinya walaupun ngemil itu tidak banyak, tapi asupan kalorinya bisa saja banyak. Hal ini akan menyebabkan takaran asupan kalori kita tidak terkontrol lagi.

6. Olah raga teratur.
Diet tanpa olah raga bisa saja berhasil, karena olah raga cuma membantu sekitar 20% mempercepat penurunan berat badan, sedangkan 80% yang membantu penurunan berat badan adalah pola makan. Walaupun demikian olah raga tetap diperlukan karena olah raga akan menjadikan tubuh kita sehat dan bugar.

7. Banyak minum air putih
Dokter menganjurkan kita minimal satu hari minum air putih sebanyak 2 liter. Ini adalah kebutuhan normal. Saat diet kita dianjurkan lebih dari itu yaitu antara 4 sampai 7 liter sehari. Wah banyak juga ya, apa malah tidak bikin gemuk kebanyakan minum?. Air putih kalorinya nol, tapi mengandung beberapa mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu air putih ternyata membantu proses pembuangan lemak baik dari air seni maupun dari keringat.

8. Disiplin
Nah yang terakhir ini juga sangat menentukan keberhasilan diet seseorang. Jika disiplin dalam menjalankan poin-poin yang sudah saya jelaskan di atas, insya Allah anda akan sukses menurunkan berat badan anda.

Saya sudah melaksanakan langkah-langkah yang saya tulis diatas, alhamdulillah dalam 5 minggu saya mampu menurunkan berat badan saya sebanyak 8 kilo gram. Lihat foto saya di berikut.


Demikian informasi yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Banjarbaru, 2 Oktober 2016
Asrani, S.Pd.I       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar