Sabtu, 31 Desember 2016

Jantung Sehat Dengan Kunyah Daun Pepaya


Daun papaya tidak hanya bisa dimakan ketika dimasak menjadi sayur. Tetapi, mengunyah daun papaya mentah yang terasa pahit juga bisa menjaga kesehatan jantung. Mungkin Anda terkejut jika mengetahui manfaat terbaik dari daun papaya. Ya, selain menyehatkan pencernaan, daun papaya ternyata dapat mencegah Anda terkena penyakit jantung, wow!
Seperti apa penjelasan lengkapnya? Berikut manfaat daun papaya untuk mencegah penyakit jantung seperti dilansir Bewellbuzz.

Daun papaya mengurangi risiko penyakit jantung.
Kadar koleterol yang tinggi dalam darah merupakan faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. Cara paling aman untuk mengurangi risiko penyakit jantung menurut para ahli kesehatan adalah makan makanan seperti daun papaya. Karena, mengonsumsi daun papaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Daun papaya mentah ukuran sedang (300 gm) mengandung 188mg vitamin C, yang sangat efektif mencegah pengendapan kolesterol dalam plak arteri. Meningkatkan asupan vitamian C dapat mencegah pembentukan plak di arteri, yang pada akhirnya secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Daun papaya membantu pengobatan hipertensi
Seseorang yang memiliki penyakit hipetensi harus meningkatkan asupan kalium. Karena, asupan ini sangat membantu mengontrol tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA), kita perlu mengonsumsi 4.700 mg potasium setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.
Daun papaya sangat kaya akan kalium dan membantu kita memenuhi kebutuhan kalium harian. Daun papaya ukuran sedang (300 gm) mengandung 781 mg kalium, atau 16 persen dari kebutuhan harian kalium kita.
Jadi, makan daun papaya setiap hari dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Dengan begitu, makan daun papaya akan mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Mensehatkan pencernaan
Sementara itu, ada manfaat tambahan dari daun papaya selain dari mencegah penyakit jantung, yaitu mensehatkan pencernaan. Papaya mengandung papain, para ahli percaya enzim ini membantu mensehatkan pencernaan.
Papaya mentah memiliki jumlah papain 3 kali lipat lebih tinggi dari papaya matang, sehingga lebih cocok untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun papaya juga mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat menghentikan mikroorganisme, dimana dapat berdampak buruk terhadap pencernaan.
Selain daunnya, buah papaya sendiri sarat dengan  nutrisi penting, seperti serat, folat, potasium dan vitamin C, K, A dan E. Jadi, jika ingin menjalankan diet seimbang, Anda harus menambahkan papaya ke dalam diet harian.

Sumber tulisan : Radar Banjarmasin, edisi 25 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar